Saat
kita mengemudi, getaran dan bunyi dari mobil yang kita kendarai memang dapat
menjadi petunjuk bahwa ada sesuatu yang salah dengan mobil tersebut. Contohnya
adalah dengan merasakan keanehan dari roda kemudi atau steering wheel.
Biasanya, setir kemudi ini dapat dijadikan indikator saat mobil mengalami
masalah khususnya di bagian kaki-kaki dan juga sistem pengereman.
Banyak pemiliki mobil yang mengeluhkan mengapa setir mobil terasa
bergetar saat melakukan pengereman. Apalagi saat mobil direm ketika sedang
dalam kecepatan tinggi. Getaran yang terasa di setir kemudi juga semakin kuat.
Padahal menurut mereka, mobil dalam kondisi yang sehat dan kaki-kaki baru saja
melewati proses spooring dan balancing.
Masalahnya,
getaran yang muncul pada setir kemudi saat mobil meluncur dalam kecepatan
tinggi memang kebanyakan disebabkan ada pada kaki-kaki. Tetapi jika getaran
pada setir terasa saat rem diinjak atau melakukan pengereman, biasanya masalah
lebih disebabkan pada sistem pengereman yang tidak bekerja dengan baik.
Khususnya pada bagian cakram mobil yang dalam kondisi buruk.
Getaran
di setir saat melakukan pengereman bisa jadi dikarenakan cakram yang sudah
tidak rata, pinggiran yang mulai tergerus, cakram mulai bergelombang atau
bengkok atau bahkan pemasangan yang tidak lurus dan seimbang. Cakram memang
didesain dengan bahan yang kuat, tahan panas dan juga tahan benturan. Namun hal
ini tidak berarti kalau cakram tidak dapat mengalami cacat atau kerusakan.
Gerusan debu atau pasir secara terus menerus, benturan yang keras serta
penggunaan kampas rem yang ternyata menipis juga bisa saja merusak permukaan
piringan cakram.
Jika
penyakitnya dikarenakan cakram yang sudah mulai tergerus, rusak atau
bergelombang, maka mengganti dengan yang baru lebih dianjurkan. Namun begitu,
ada pula yang mengakali masalah ini dengan cara membubut komponen tersebut dan
mengembalikan ke bentuk semula. Cara ini memang lebih murah, namun kurang
dianjurkan karena kualitas komponen yang dihasilkan tentu tidak dapat
dipertanggungjawabkan.
ini foto rotor disc sebelum dibubut
ini foto rotor disc setelah dibubut
Sedangkan
untuk anda yang baru melakukan servis rem atau bahkan mengganti piringan cakram
baru kemudian merasakan getaran semacam ini, hal tersebut patut untuk
diwaspadai adanya pemasangan cakram yang tidak pas atau sempurna. Sebaiknya,
kembali ke bengkel langganan anda untuk memasang ulang cakram anda agar lebih
presisi. Jangan lupa untuk menguji ulang sistem pengereman anda untuk
memastikan apakah getaran tersebut sudah benar-benar hilang.
Setelah
memeriksa kondisi rem anda, ada baiknya anda juga memeriksakan kondisi bearing
(laher) dari roda depan mobil anda. Kerusakan pada bagian ini tidak hanya
menyebabkan setir bergetar saat mengerem, tapi juga saat anda melaju pada
kecepatan tinggi. Jika bearing sudah dalam kondisi kurang baik, maka segera
untuk menggantinya dengan komponen yang masih baru.
IKLAN DULU
AUTO NISSAN DATSUN SPECIALIST
TERIMA JUGA SERVIS PANGGILAN NISSAN DATSUN SPESIALIS BAIK MESIN, KELISTRIKAN DAN LAIN SEBAGAINYA KHUSUS JUGA DAERAH JAKARTA SELATAN DAN SEKITARNYA. DIJAMIN KUALITAS BENGKEL RESMI HARGA BENGKEL UMUM HEHEHHE.
HUBUNGI : WA : 085229389457
BBM : D2FBAC30
AUTO NISSAN DATSUN SPAREPART
TERIMA JASA PESANAN ATAU ORDERAN SPAREPART KENDARAAN NISSAN BAIK ORIGINAL MAUPUN KW BRO,TAPI KALAU YANG KW HARUS SABAR BRO, KARENA BARANG KW NISSAN SANGAT SUSAH PENCARIANNYA MAKA DIMOHON AGAK SABARAN DIKIT HEHHEHE.
HUBUNGI : WA : 085229389457
: BBM : D2FBAC30
Tidak ada komentar:
Posting Komentar